Header Ads

ad728
  • Sekilas Berita

    Resume KPD SulSel 2020 Hari Kedua

    Suasana Ahad pagi yang berkabut dipenuhi embun pagi, kubuka pintu dan jendela istana kecilku. Terlihat dengan malu Gunung Pattirosompe dari balik kamar tidurku, kulanjutkan dengan sigap dan cepat aktivitas mempersiapkan diri kembali mengikuti KPD Sulawesi Selatan Tahun 2020 pada hari ke-2.

    Semalam, 2 (dua) tugas berupa resume kegiatan hari pertama dan membuat renungan pelatih pembina telah terkirim ke kantong tugas melalui aplikasi classroom dengan nama kelas KPD Dl Emmy Saelan 2020. Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sulawesi Selatan memutuskan melaksanakan KPD secara daring untuk mencegah penyebaran virus corona dan berusaha menjaga sistem imunitas.

    Pukul 08.00 Wita, kegiatan KPD hari ke-2 melalui zoom room 925 835 6706 dibuka oleh moderator, Kak Ellyati Razak, S.Ag., M.Pd. untuk jadwal Refleksi Harian/Resume. Pada kesempatan ini, Kak Dr. H. Rahmansyah, M.Si. dari kelompok Syech Yusuf yang ditunjuk membacakan resumenya. Kak Rahmansyah, membacakan resumenya selama 3 menit.

    Kamipun harus menunggu kehadiran Ketua Pusdiklatnas Gerakan Pramuka Kak Dr. H. Joko Mursito untuk bergabung di room hingga pukul 08.22 Wita. Setelah saya memberikan laporan, Kak Joko kemudian menyampaikan bahwa untuk materi yang akan disajikan menggunakan tim. Beliau kemudian dibantu oleh Kak Mustafa, Kak Yusman Firdaus, dan Kak Septemberi Yanti untuk mengulas materi Fundamental Gerakan Pramuka, Metode Kepramukaan, SESOSIF, dan Kegiatan Bermutu Dengan Pengembangan 5 Ranah Kecerdasan. 

    Meski dilakukan secara daring. Namun, suasana terus mencair karena profesionalisme pelatih dalam menyajikan materi. Tak terasa, waktu untuk sesi pertama ini berakhir dengan ditutup sebuah lagu “Berkibarlah Bendera Negeriku” dengan iringan musik dari Kak Joko Mursito.

    Daku ingin kepal tangan ini

    Menunaikan kewajiban

    Putra bangsa yang mengemban cita

    Hidup dalam kesatuan

    Setelah istirahat, tepat pukul 13.30 Kak Ellyati Razak, S.Ag., M.Pd. membuka sesi kedua dengan terlebih dahulu mempersilakan Ketua Kelas untuk melapor. Ketua Pusdiklat Daerah Gerakan Pramuka Sulawesi Selatan, Kak Dr. H. Budiman Tahir, M.Pd. kemudian diberikan waktu untuk membawakan materi Peran Orang Dewasa dalam Kepramukaan dan Sisdiklat yang diawali dengan lagu dari Charlie Van Basten, “Jangan Takut Jadi Indonesia”

                                                    Jangan takut tuk menjadi Indonesia

                                                    Tuangkan saja segala upaya

                                                    Untuk membela nusa dan bangsa kita

    Lagu tersebut sebagai penyemangat untuk menjadi patriot Merah-Putih. Tak ketinggalan, pesan berbahasa bugis juga disampaikan oleh Kak Budi dengan sebuah kalimat “erko mupklEbiai tauea, aelmutu mupklEbi. Yang mengandung sebuah pesan bahwa pentingnya saling menghargai diantara sesama manusia.

    Pada kegiatan ini, Kak Budi mengajak peserta KPD untuk berdiskusi terkait dengan Pedoman Anggota Dewasa dalam Gerakan Pramuka. Alhamdulillah, setiap sesi diskusi kelompok kami selalu pertama menyelesaikan tugas. Mudah-mudahan hingga berakhirnya kegiatan ini dan untuk seterusnya kami tetap menuangkan segala upaya untuk tampil kedepan dan menghargai sesama sesuai pesan yang disampaikan oleh Kak Budi.

    Tak terasa, kami sudah berada di penghujung waktu kegiatan KPD hari ke-2. Kak Andi Kasmawati kemudian membacakan renungan sebagai tanda akhir dari kegiatan kami hari ini. Sebelum sayonara, kami kemudian kumpul sesama kelompok Emmy Saelan membicarakan tekhnis kegiatan di hari berikutnya. Diskusi ini, dipimpin langsung oleh Pelatih Pendamping kami, Kak Arafah Dilham, S.Sos., M.M.

    Semoga kita bisa bersua kembali di hari ke-3. Dan kepada Kak Arafah Dilham, hati-hati dijalan, semoga selamat sampai ditujuan.

     

    Sengkang, 19 Juli 2020

     


    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728