Header Ads

ad728
  • Sekilas Berita

    Resume KPD Sulsel 2020 Hari Pertama

    Suasana Pembukaan KPD Sulawesi Selatan Tahun 2020

    Pagi ini udara Kota Sengkang, sangat bersahabat, meski 10 Kecamatan dari 14 Kecamatan masih tergenang air akibat hujan selama beberapa hari terakhir dan tentunya banjir kiriman dari beberapa Kabupaten tetangga. Saya lihat jam di dinding kamar menunjukkkan pukul 04.45 Wita. Dari jauh terdengar suara sayup-sayup adzan. Saya bergegas menuju kamar mandi dan berwudhu untuk menghadap menunaikan salah satu kewajiban sebagai janji kepada Sang Khalik sebelum dilahirkan di muka bumi ini.

    Pukul 07.00 Wita, dengan balutan seragam Coklat Tua – Coklat Muda menuju Kantor BKPSDM Kabupaten Wajo, tempat yang disepakati untuk mengikuti Pembukaan Kursus Pelatih Pembina Tingkat Dasar (KPD) Sulawesi Selatan Tahun 2020 oleh 6 (Enam) orang Peserta KPD dari Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Wajo bersama jajaran Kwarcab Wajo.

    ***

    Sesuai dengan jadwal yang tertuang pada juknis, room meeting pada aplikasi zoom akan dibuka oleh panitia pukul 07.30 Wita. Namun, tanpa mengetahui penyebabnya, room baru terbuka pada pukul 08.05 Wita. Dengan penuh semangat, peserta menantikan detik-detik pembukaan KPD yang dilaksanakan secara daring dan dipusatkan di Kantor Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sulawesi Selatan melalui room id 870 4183 1958

    Akhirnya Upacara Pembukaan pun dimulai dengan dipandu oleh Kak Ellyati Razak, S.Ag., M.Pd. sebagai master of ceremony. Sementara itu, bertindak sebagai Pembina Upacara adalah Ketua Harian Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sulawesi Selatan, Kak Haris Yasin Limpo.

    Selain pernyataan pembukaan kursus oleh Ketua Harian Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sulawesi Selatan, juga ditandai dengan pemasangan atribut peserta yang dilaksanakan secara simbolis kepada perwakilan peserta, Kak Mihdar, S.Pd., M.M. dan penyerahan tunggul Pusdiklat kepada Kak Dr. H. Budiman Tahir, M.Pd. selaku pimpinan kursus. Pada kegiatan ini juga dilaksanakan adat Toddopuli yang ditandai oleh penancapan kapan yang dilaksanakan oleh Ketua Pusdiklatda Sulawesi Selatan.

    ***

    Setelah Upacara Pembukaan selesai, kegiatan dilanjutkan dengan jam pimpinan. Dalam kesempatan ini, Ketua Harian Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sulawesi Selatan berkesempatan menyapa seluruh peserta per-Kwarcab. Disaat menyapa peserta dari Kabupaten Wajo, Kak Nur Afmi Ridwan, S.Sos., M.Si. yang mewakili peserta melaporkan kondisi peserta dari Kabupaten Wajo sekaligus juga melaporkan keterlibatan Pramuka Peduli Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Wajo dalam penanganan banjir di Kabupaten Wajo yang kemudian direspon positif oleh Kwarda Sulawesi Selatan

    Jam pimpinan tidak berlangsung lama, karena mungkin Kak Haris juga memiliki agenda setelah ini

    ***

    Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan perkenalan Pelatih Penyaji, Pelatih Pendamping, dan Panitia yang dipanndu oleh Ketua Pusdiklatda Gerakan Pramuka Sulawesi Selatan, Kak Dr. H. Budiman Tahir, M.Pd. yang kemudian dilanjutkan dengan Tes Awal yang dipandu oleh Sekretaris Pusdiklatda Sulawesi Selatan, Kak Supratman. Tes Awal ini berlangsung sekitar 20 menit dengan jumlah soal sebanyak 25 nomor dan menggunakan aplikasi Google Form dengan link https://bit.ly/Soal_TesAwal_KPD2020

    Soal yang muncul ternyata diluar dari prediksi. Namun, patut disyukuri karena berdasarkan hasil tes yang dirilis oleh panitia diakhir kegiatan saya mendapatkan nilai 56. (Mudah-mudahan bisa meningkat pada tes akhir).

    ***

    Kegiatan selanjutnya dilanjutkan dengan Orientasi Kursus yang dibawakan oleh Ketua Pusdiklatda Gerakan Pramuka Sulawesi Selatan, Kak Dr. H. Budiman Tahir, M.Pd. dalam kegiatan ini, Kak Budi memaparkan tujuan orientais kursus, dasar pemikiran, jadwal, kurikulum, kisi-kisi KPD, dll.

    Orientasi kursus ditutup setelah Kak Budi menjawab beberapa pertanyaan dari peserta diantaranya Kak Prof. Dr. Hj. Andi Kasmawati, M.Hum.; Kak prof. Dr. Ir. Jasmal A. Syamsu, M.Si.; Kak Dr. Muh. Hasrul S.H., M.H.; Kak Drs. Arsul Arifin Karim, S.Pd., M.Pd.; Kak Dr. H. Rahmansyah, M.Si.; dan Kak Aryani Umri, S.Pd., M.Pd.

    ***

    Setelah istirahat, pada pukul 13.30 Wita, kegiatan kembali dilanjutkan dengan materi dinamika kelompok yang dibawakan oleh Kak Muhlis Abdullah, S.Pd., M.Pd. dalam pemaparan materinya, Kak Muhlis menyinggung tentang fungsi dinamika kelompok yang kemudian akhirnya terbentuklah 4 kelompok dari 41 peserta KPD.

    Karena dilaksanakan secara daring, pembagian kelompok dilaksanakan secara virtual menggunakan tampilan presentasi aplikasi power point. Masing-masing kelompok juga didampingi oleh 1 (satu) orang pelatih pendamping yang kemudian ditugaskan untuk:

    1.  Memberi nama kelompok dengan nama pahlawan dari Sulawesi Selatan;

    2.  Menemukan filosofi nama kelompok tersebut; dan

    3.  Membuat yel-yel

    Akhirnya setiap kelompok melakukan diskusi dengan link masing-masing yang dibagikan oleh pelatih pendampingnya yang didahului dengan bergabung di WA Group kelompok masing-masing. Berdasarkan pembagian kelompok, saya bergabung di Kelompok III bersama dengan Kak Muhammad, S.Pd.; Kak Haminah, S.Pd.; Kak M. Rusli, S.Ag.; Kak Dr. Muh. Hasrul, S.H., M.H.; Kak Mulyadi, S.Pd.; Kak Nasiruddin, S.Pd.I.; Kak Sumiati Patimari, S.Pd., M.Pd.; Kak Maraya, A.Ma.Pd.; dan Kak Hardiati Sanusi, S.Pd.

    Diskusi awal dipimpin langsung oleh Pelatih Pendamping Kelompok III, Kak Arafah Dilham, S.Sos., M.M. untuk pemilihan Ketua Kelompok. Atas suara terbanyak, saya kemudian dipilih menjadi ketua kelompok. Sehingga untuk diskusi berikutnya diserahkan ke saya untuk memimpin diskusi.

    Setelah berdiskusi beberapa menit, akhirnya kami bermufakat bahwa nama kelompok kami adalah Emmy Saelan. Filosofi dan yel-yel kelompok pun juga sudah disepakati untuk kami bawakan nantinya pada kegiatan berikutnya. Alhasil, diskusi kelompok kami tutup untuk selanjutnya bergabung kembali dengan kelompok lain.

    Setelah bergabung 4 (empat) kelompok, masing-masing kelompok kemudian diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya. Kelompok pertama yang diminta untuk mempresentasikan adalah kelompok III. Sebagai ketua kelompok, saya kemudian mempresentasikan nama kelompok dan minta tolong ke Kak Hardiati Sanusi untuk membacakan filosofi kelompok. Setelah kami tampil, dilanjutkan dengan presentasi kelompok 1 (Ranggong Dg. Romo), Kelompok 2 (Syech Yusuf), dan Kelompok 4 (Hasanuddin).

    Setelah presentasi, juga dilaksanakan pemilihan Ketua Kelas dan disepakati Kak Dr. Hj. Lu’mu Taris, M.Pd. sebagai ketua kelas

    ***

    Kegiatan kembali dilanjutkan dengan kontrak belajar. Dengan menggunakan platfom mentimeter melalui website menti.com peserta diminta untuk menuliskan sesuatu yang harus dilaksanakan dan sesuatu yang tidak boleh dilaksanakan selama KPD.

    Hasil dari kiriman peserta kemudian dirangkum oleh panitia untuk disetujui oleh Ketua Kelas dan dijadikan sebagai kontrak belajar selama pelaksanaan KPD Sulawesi Selatan 2020.

    ***

    Sesi berikutnya adalah renungan harian. Untuk renungan harian ini dipandu oleh Kak Budi sekaligus memberikan contoh renungan kepada peserta karena akan menjadi penugasan bagi peserta untuk membuat naskah renungan pelatih

    ***

    Akhirnya kegiatan hari pertama ditutup. 2 (dua) tugas menjadi oleh-oleh bagi peserta sebagai pengantar menjelang tidur. 2 (dua) tugas tersebut adalah:

    1.  Membuat resume kegiatan

    2.  Membuat renungan pelatih

    dua tugas tersebut dikumpul oleh peserta melalui aplikasi Classroom yang telah dibuat oleh Pelatih Pendamping.


    Sengkang, 18 Juli 2020 

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728